Surat Pernyataan Kerja Tulis Tangan

Pengertian Surat Pernyataan Kerja Tulis Tangan



Surat pernyataan kerja tulis tangan merupakan surat yang dibuat secara manual dengan tangan yang berisi pernyataan dari seseorang yang mengakui bahwa dirinya telah bekerja pada suatu perusahaan atau organisasi. Surat ini sering kali diminta oleh perusahaan atau institusi sebagai salah satu syarat untuk melengkapi dokumen yang diperlukan.


Keuntungan Membuat Surat Pernyataan Kerja Tulis Tangan



Terdapat beberapa keuntungan dalam membuat surat pernyataan kerja tulis tangan. Pertama, surat ini bisa menjadi bukti bagi seseorang bahwa ia pernah bekerja pada suatu perusahaan atau organisasi. Kedua, surat ini juga bisa menjadi salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan lain. Ketiga, surat ini bisa meningkatkan kredibilitas seseorang dalam dunia kerja karena ia telah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.


Cara Membuat Surat Pernyataan Kerja Tulis Tangan



Untuk membuat surat pernyataan kerja tulis tangan, pertama-tama siapkan kertas folio dan pulpen yang masih bagus. Kemudian, tuliskan tanggal pembuatan surat di bagian atas kertas. Setelah itu, tuliskan nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor telepon, dan alamat email di bagian kiri atas kertas. Di bagian kanan atas, tuliskan nama perusahaan atau institusi tempat bekerja.
Selanjutnya, tuliskan pernyataan bahwa diri Anda telah bekerja di perusahaan atau institusi tersebut. Pastikan pernyataan tersebut sudah sesuai dengan kenyataan dan jangan membuat pernyataan yang tidak benar. Setelah itu, tuliskan tanggal mulai bekerja dan tanggal berakhirnya bekerja di perusahaan atau institusi tersebut.
Di bagian bawah surat, jangan lupa untuk menuliskan nama lengkap dan tanda tangan Anda. Pastikan tanda tangan tersebut sudah sesuai dengan tanda tangan yang biasa Anda gunakan.


Contoh Surat Pernyataan Kerja Tulis Tangan



Berikut ini adalah contoh surat pernyataan kerja tulis tangan:
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama: (nama lengkap)
Alamat: (alamat tempat tinggal)
Nomor Telepon: (nomor telepon)
Alamat Email: (alamat email)
Dengan ini menyatakan bahwa saya pernah bekerja di PT ABCD selama 2 tahun, mulai dari tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan tanggal 31 Desember 2021. Saya memastikan bahwa pernyataan ini benar dan sesuai dengan kenyataan.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia menerima konsekuensi yang dihasilkan.
Nama lengkap: (nama lengkap)
Tanda tangan: (tanda tangan)


Kesimpulan



Surat pernyataan kerja tulis tangan merupakan surat yang dibuat secara manual dengan tangan yang berisi pernyataan dari seseorang yang mengakui bahwa dirinya telah bekerja pada suatu perusahaan atau organisasi. Surat ini memiliki banyak keuntungan dan sangat penting dalam dunia kerja. Oleh karena itu, jika diminta untuk membuat surat ini, pastikan pernyataan yang ditulis sudah sesuai dengan kenyataan dan jangan membuat pernyataan yang tidak benar.

close